Cara Mengenali Diri Sendiri  

Posted by Unknown in , ,

Banyak orang yang mempunyai metode personal dalam mengenali diri mereka sendiri. Namun banyak pula yang tidak mengenali sama sekali siapa diri mereka sebenarnya. Ini mungkin disebabkan oleh sesuatu yang tidak mereka sadari telah menempel dalam diri mereka bertahun-tahun. Penyakit semacam ini tentu saja merupakan hal yang serius dan segera harus ditangani. Karena kalau tidak akan segera berdampak-khususnya pada remaja yang kehilangan jati diri mereka (identity crisis).

Saya hanya ingin sedikit mengidentifikasi cara-cara yang efektif untuk digunakan dalam mengenali diri sendiri. Sebenarnya dalam mengenali diri sendiri itu ada beberapa cara yaitu:

Bayangkan dirimu sedang memandang sebuah cermin yang besar dan bening. Di sana terlihat jelas dirimu berdiri dalam diam menatap seseorang yang sekian lama kamu kenal.

Siapakah dia?

Siapakah saya?

Seberapa banyakkah kamu mengenal dirimu sendiri? Pernahkah kamu menyadari bahwa di dunia ini hanya ada satu-satunya dirimu? Seseorang yang sangat unik dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya? Saat ini, cobalah untuk mengamati dan mencari ke dalam dirimu. Ikutilah beberapa kegiatan berikut untuk lebih mengenal dan memahami dirimu sendiri!


Biodata
Nama lengkap :………………………………………
Nama panggilan :……………………………………..
Tempat & tanggal lahir :………………………………
Alamat :………………………………………………
Anak ke :………………………….…………………
Cita-cita :…………………………….………………
Hobi :……………………………………………...…
Tinggi badan :………………...………………………
Berat badan :…………………………………………
Pelajaran yang disukai :……………………….………
Kegiatan yang disukai :…………………….…………
Makanan yang disukai :…………………………….…
Binatang yang disukai :…………..……………………
Hal lain yang disukai :…………………………………

1. Lakukanlah kagiatan berikut ini:

Tuangkan pemikiranmu tentang ciri khas yang paling menonjol dalam dirimu!

Ciri khas diriku dalam hal fisik atau penampilan adalah:
1. ………………………………………
2. ………………………………………
3. ………………………………………
4. ………………………………………
5. ………………………………………

Ciri khas diriku dalam hal sifat adalah:
1. ………………………………………
2. ………………………………………
3. ………………………………………
4. ………………………………………
5. ………………………………………


2. Kenalilah kelebihan dan kekuranganmu

Seperti sebuah uang logam selalu memiliki dua sisi,
setiap insan manusia pasti dianugerahi kelebihan yang dapat dikembangkan dalam dirinya sekaligus kekurangan yang perlu terus menerus diperbaikinya. Tidak ada seorang pun yang melulu dilimpahi oleh kelebihan atau hanya dibebani oleh kekurangan. Kedua sisi yang selalu hadir dalam diri setiap manusia ini bukan untuk disombongkan atau ditangisi, melainkan untuk dikenali lalu dikembangkan atau diperbaiki!

Ada beragam kelebihan atau kekurangan yang dimiliki seseorang. Suatu keadaan dikatakan kelebihan bila merupakan hal yang positif, membangun, atau memberikan dampak yang baik bagi diri sendiri maupun orang lain sedangkan kekurangan cenderung memberikan dampak yang negatif.


3. Lakukanlah kagiatan berikut ini:

Renungkan dan tanyalah dirimu sendiri, apa saja yang merupakan kelebihan dan kekurangan dirimu.


Daftar kelebihan yang kumiliki adalah:
1. ………………………………….
2. ………………………………….
3. ………………………………….
4. ………………………………….
5. ………………………………….
6. ………………………………….
7. ………………………………….


Daftar kekurangan yang kumiliki adalah:
1. ………………………………….
2. ………………………………….
3. ………………………………….
4. ………………………………….
5. ………………………………….
6. ………………………………….
7. ………………………………….


4. Lakukanlah kagiatan berikut ini:

Sekarang saatnya untuk menyusun rencana terhadap kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki! Untuk mempermudah melakukannya kamu dapat belajar dari contoh berikut:

Kevin memiliki kelebihan di bidang olah raga. Dia bisa berlari lebih cepat dari kebanyakan temannya. Untuk mengembangkan kelebihannya ini, ia mengasah terus kemampuan olah raganya dengan tekun mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atletik di sekolah serta mengikuti berbagai lomba yang diadakan dalam bidang yang ditekuninya itu. Beberapa kali ia memenangkan lomba yang semakin mendorongnya untuk lebih meningkatkan kelebihan yang
dimilikinya.

Ayumi mengalami kesulitan untuk mengendalikan kemarahannya. Jika merasa kesal sedikit, ia akan uring-uringan dan membentak teman-temannya sehingga mereka menjauhinya. Ayumi menyadari kekurangannya yang satu ini dan berusaha untuk memperbaikinya. Ia mulai mencari nasehat dan cara agar bisa menahan diri di saat merasa kesal. Sedikit-sedikit usahanya menampakkan hasil, kini si Judes Ayumi berubah menjadi ramah, murah senyum, dan disukai teman-temannya.

Hal-hal yang akan kulakukan untuk mengembangkan kelebihan yang kumiliki :

Hal-hal yang akan kulakukan untuk memperbaiki kekurangan yang kumiliki :

Nah, coba ikuti cara-cara tersebut diatas secara sistematis. Mungkin semua tidak akan berdampak besar bagi fisik. Namun pasti berdampak besar pada kehidupan kita saat ini dan nanti.


Tujuan : Setelah menyelesaikan kegiatan ini diharapkan:
- Kamu dapat mengenali karakteristik diri.
- Kamu dapat memahami kelebihan dan kekurangan diri.
- Kamu dapat belajar mengembangkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan, so kenalilah dirimu sendiri.

This entry was posted on 9.24.2010 at 7:41:00 PM and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar